RSS Feed

Mendangkal, Bendungan Batujai Akan Dikeruk

Posted on
Kondisi infrastruktur bendungan Batujai Desa Batujai Praya Barat Lombok Tengah (Loteng), secara fisik saat ini cukup memprihatinkan. Hal itu terlihat dari mulai menurunnya kinerja sejumlah fasilitas yang dimiliki bendungan terbesar di Pulau Lombok ini. Salah satu persoalan serius yang kini dihadapi ialah terjadinya pendangkalan sisi dasar bendungan.Akibatnya, debit air baku yang mampu ditampung mengalami penurunan dratis. Untuk itu, Pemkab Loteng merencanakan mengeruk sisi dasar bendungan yang mengalami pendangkalan. Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng, Ir.L. Zuhuddin, mengungkapkan rencana tersebut saat dihubungi, Sabtu (15/3). Namun begitu, pengerukan dasar Bendungan Batujai, belum pasti dilakukan. Apakah bisa dilaksakan tahun ini juga atau tidak.Pasalnya, status bendungan yang berfungsi menyuplai air baku bagi pertanian dan kebutuhan lainnya di Loteng bagian Selatan ini, masih menjadi aset Pemprop NTB. Sehingga apapun kegiatan yang akan dilaksanakan di dalam area, terutama yang berkaitan kegiatan fisik, harus sepengetahun pihak propinsi. Sedangkan Pemkab Loteng dalam persoalan ini tidak bisa berbuat banyak. Kecuali meminta dan memberikan anjuran kepada pemilik aset.

Itu berarti, pengerukan yang akan dilakukan dan direncanakan Pemkab Loteng, harus seizin Pemprop NTB terlebih dahulu. ”Dalam beberapa hari ke depan, kami akan coba berkoordinasi dengan Pemprop NTB, terkait recana ini. Bila perlu, secara resmi Pemkab Loteng akan berkirim surat. Bagaimana kemudian bendungan Batujai bisa dikeruk,” ujarnya. Dengan harapan, tentunya agar kinerja serta daya tampung air baku bisa lebih besar lagi. Paling tidak mampu mendekati daya tampung saat awal beroperasi tahun 1980-an lalu.

Disinggung besaran dana yang akan dihabiskan guna mewujudkan rencana itu, Zuhuddin, mengatakan belum bisa memastikan. Pihaknya akan segera melakukan hitungan-hitungan terkait jumlah dana yang dibutuhkan. Termasuk pula pola yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan dana. Apakah dengan membebankan APBD NTB Loteng. Atau ada pola lainnya.

Tapi yang jelas, Pemkab Loteng siap mendukung rencana mengeruk sisi dasar bendungan. Bagaimana pun juga, fungsi bendungan Batujai amat vital bagi Loteng. Khususnya bagi daerah-daerah yang selama ini mendapat keuntungan dari adanya bendungan ini. Pada akhirnya nanti, akan bisa membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan air bersih di Loteng.

Dampak yang ditimbulkan akibat pendangkalan sisi bendungan ini, cukup besar. Salah satunya dirasakan oleh PDAM Praya yang selama ini menggunakan air bendungan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan air bersih bagi masyarakat di wilayah Loteng bagian selatan. ”Kalau musim penghujan seperti saat ini, mungkin dampaknya tidak begitu kentara. Tapi kalau sudah memasuki musim kemarau, sangat dirasakan pengaruhnya,” tandas mantan Kadisostek Loteng ini. (kir)

7 responses »

  1. Salam meton, izin mampir seberak, lamun kayun silak kunjungi tiang di http://celotehsasak.wordpress.com

  2. mari kita jaga & rawat bendungan yang ada di sekitar kita

  3. Betul Mas, kalo ada bendunagn/ situ di sekitar kita hendaklah kita menjaganya dgn baik dan merawtnya sehinnga kita bisa memanfaatkan apa saja yag ada di bendunagn atau situ…
    kita bljar dr tragedi situ gintung tanggal 27 maret 2009 pukul 04.30 di ciputat tangerang yg blm lama ini jebol karena kurang perwatan sehinnga terjadilah musibah yang tak terduka dasn menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak sekitar 100 orng meninggal dan 100 lagi masih dikabrkan hioang atau belum di temukan dan melululuhlantahkan bangunan yang ad di sekitar situ atau bendunagn tersebut.

  4. aku anak batujai yang yang waktu kecilku aku habiskan di bendungan itu merasa senang melihat perkembangan bendungan batujai yang jika pada hari idul fitri dimampaatkan sebagai daerah wisata bagi masyarakat setempat.aku juga perihatin,kurangnya perhatian pemerintah setempat terhadap bendungan itu karena banyak pemudanya yang hanya memamfaatkan sebagai ajang cari kributan,tempat pacaran apalagi bagi pemerinh setempat sebagai ladang uang,mudah2an jangan terjadi.batujai selain terkenal sebagai desa yang selalu menghasilkan pemuda perantau,juga terkenal dengan bendungan itu.jadi,but teman2ku tolong jaga tempat bermain kita waktu kecil dulu…

  5. mas, gue numpang main nih……. trim

  6. Terima Kasih sudah mampir di HOme-Q

  7. @doel kita ga diajak ne critax

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: