RSS Feed

EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAKWAH (SIMD)

Posted on

Oleh:Abdul Hamid Al-Sasaki

Sistem informasi dakwah dapat didefinisikan sebagai system informasi yang di susun dengan mempergunakanmempergunakan prosedur-prosedur yang formal, dengan tujuan memberikan informasi yang relevan kepada manajer baik itu informasi internal maupun informasi eksternal pada seluruh fungsi organisasi yang bersangkutan, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara efektif.
Sistem informasi yang formal makin dirasakan penting keberadaannya apabila operasi perusahaan bertambah besar dan bertambah rumit. Banyak para sarjana ahli manajemen mendefinisikan system informasi manajemen,missal Gordon B Davis, Joel E Ross, Donald W Kroeber, dan masih banyak lagi. Menurut definisi Donald W kroeber dalam bukunya yang berjudul manajemen information system mengatakan bahwa system informasi manajemen adalah sebuah organisasi, sejumlah proses yang menyediakan informasi kepada manajer sebagai dukungan dalam operasi dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi.
Menurut Gordon B. Davis mengatakan bahwa system informasi manajemen merupakan sebuah sistem mesin pemakai yang terintegrasi yang menyediakan informasi untuk menunjang operasi-operasi manajemen dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi. Sistem tersebut memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, dan prosedur-prosedur manual, model-model untuk analisis, perencanaan, pengawasan, pengambilan keputusan dan suatu data base dilihat dari beberapa segi dua definisi tersebut:
• Ditekankan pada pada suatu sistem mesin
• Sebuah organisasi
• Pihak penyaji informasi
• Terdapat dalam suatu organisasi
• Titunjukan untuk sesuatu hal yaitu operasi sebuah perusahaaan, analisis dan pengambilan keputusan
• Dilibatkan computer, prosedur, suatu data base
Meskipun kenyataannya computer tidak lebih daripada alat untuk memproses data, banyak manajer memendang komputer sebagai elemen pusat suatu sistem informasi. Kecendrungan sikap ini terlalu tinggi dan memutarbalikan peranan komputer. Peran sebenarnya adalah menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan kontrol.
Kerangka dasar dari sistem-sistem manajemen merupakan suatu langkah memahami hubungan antara aktifitas-aktifitas manajemen dengan berbagai manfaat yang dapat diiperolehnya. Penting sekali memahami kedua macam sistem konseptual dan empiris, sebab dengan demikian kita mampu meletakan dasar dari klasifikasi sistem organisasi dan sistem informasi manajemen.

EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJMEN DAKWAH

Evaluasi adalah proses penilaian, pengukuran sejauh mana program yang telah direncanakan dapat terealisasikan dalam tiap pertemuan atau rencana serta program diukur dalam parameter keberhasilan dan kegagalan. Dengan menganalisa atau menilai melalui standar yang dibuat oleh lembaga atau organisasi dalam memberikan informasi dakwah yang disampaikannya.
Evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberi nilai secaraa obyektif pencapaian hasil-hasil yang telah direncanakan sebelumnya. Evaluasi sebagai suatu fungsi manajemen berusaha untuk mempertanyakan efektifitas dan efensiensi pelaksanaan dari suatu rencana sekalipun mengukur seobyektif hasil-hasil pelaksanaan itu dengan ukuran-ukuran yang dapat diterima piahk-pihak yang mendukung suatu rencana.

Tahapan Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Dakwah:
1. Evaluasi terprogram yaitu evaluasi yang dilakukan ketika setiap ada kegiatan atau program yang dilaksanakan.
2. Evaluasi tahunan yaitu evaluasi yang dilakukan diakhir tahun tentang informasi atau data yang dikeluarkan oleh sistem informasi manajemen dakwah itu sendiri.

Secara ekplisit, pengertian evaluasi sering digunakan untuk menunjukan tahap-tahap didlam siklus pengelolaan, yang secara umum dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu:
a. Evaluasi pada tahap perencanaan, untuk menetukan segala prioritas terhadap berbagai alternatif dan kemungkinan terhadap cara mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
b. Evaluasi pada tahap pelaksanaan, evaluasi ini adalah suatu kegiatan melakukan analisa untuk menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan dibandingkan dengan rencana.
c. Evaluasi pada tahap pasca pelaksnaan, yang dinilai dan dianalisa adalah evaluasi hasil pelaksnaan kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

LANGKAH-LANGKAH EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAKWAH
1. menciptakan standar, missal standarisasi dalam informasi yang dikeluarkan
2. membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standar
3. melakukan tindakan koreksi, koreksi dalam setiap program baik terprogram ataupun tidak terprogram

Tujuan Evauasi:
a. Kemapuan teknis
b. Pelaksanaan operasional
c. Pendayagunaan system

ANALISA SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN DAKWAH
1. mengamati perkembangan dakwah, dilingkungan masyarakat seberapa jauh peran serta sistem informasi manajemen dakwah memberikan konstribusi informasinya dalam memberikan gagasan maupun pemberitaan yang disampaikan.
2. Membuat peta dakwah, peran serta sistem informasi manajemen dakwah dalam menyampaikan pesan-pesannya sudah tersalurkan kebeberapa segmentasi masyarakat yang ada, baik keragaman yang ada dari segi budaya, sosial, politik, dan sebagainya.
3.
GLOSARIUM
1. sistem infommasi manajemen adalah sebuah organisasi, sejumlah proses yang menyediakan informasi kepada manajer sebagai dukungan dalam operasi dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi.
2. sistem merupakan bagian-bagian yang tersusun dan saling berhubungan untuk suatu tujuan bersama.
3. organisasi adalah sistem dari subsistem-subsistem atau bagian-bagiannya (divisi, departemen, fungsi, unit, dan lain-lain).
4. sistem konseptual adalah sistem dari keterangan atau klasifikasi (baru terkonsep tapi belum ada bahan-bahannya).
5. sistem empiris, adalah sistem yang tersusun dari sistem operasional nyata dari manusia, bahan, mesin, tenaga dan benda fisik lainnya dan seperti sistem-sistem lain yang tak dapat diraba juga masuk menjadi kelompoknya (bedasarkan dari pengalaman / sudah menyiapkan bahan-bahannya dan sudah tersedia).

Daftar Pustaka
1. Soedrajat Soegito. (2003) sistem informasi manajemen, penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta
2. Firman B. Aji, PDE Perencanaan dan Evaluasi, Bumi Aksara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: