RSS Feed

Strategi Finansial Fungsional P.T SHC ( Sultan Halim Cargo )

Posted on

I. Sejarah P.T SHC
Sultan Halim Cargo merupakan holding company daripada PT. Indera Sari, yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman bukan restoran yang sudah ada sejak tanggal 30 bulan Agustus tahun 2004 dengan pendistribusian seluruh daerah di Jawa, Sumatera dan Sebagian pulau Kalimantan. Dengan adanya pendistribusian produk tersebut, maka dengan pengembangan bisnis Marketing PT. Indera Sani dengan berbekal pengalaman personol-personil yang pada bidangnya, dengan membuka jasa pengiriman dalam rangka untuk membantu pendistribusian untuk kalangan sendiri yang kemudian berkembang untuk kalangan pihak luar.
Adapun Sultan Halim Cargo berdiri pada tanggal 2 bulan September tahun 2005 dengan berbasis kekuatan armada airline yang telah dijalin kerjasama dengan beberapa perusahaan airline besar dengan rute-rute seluruh Nusantara Indonesia. Dalam perkembangannya, Sultan Halim Cargo merambah pada armada transportasi darat untuk menunjang operasional wilayah pulau Jawa dan Sumatera yang kemudian dikembangkan pula pada transportasi laut dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan pelayaran Indonesia baik pemerintah maupun swasta dengan rute-rute seluruh Indonesia.
Salah satu kriteria dan standarisasi sistem pengantaran pelanggan Sultan Halim Cargo saat ini sudah merupakan pengaplikasian sistem jaringan internet dengan tepat guna. Dengan mengaplikasikan teknoligi tepat guna baik soft ware maupun hard ware, pengkoordinasian dan kesinambungan distrik dokumen dan paket menjadi jaminan mutu yang dapat dihandalkan oleh para pelanggan. Dengan Bermotokan ” Cepat, Tepat dan Profesional ” segenap personil Sultan Halim Cargo mempunyai komitmen penuh untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam pengiriman barang, baik itu dokumen atau paket barang yang lainnya.
Dalam pelaksanaan pekerjaan, Sultan Halim Cargo dibagi menjadi dua tim, yakni tim operasional dan juga tim administrasi. Seluruh tim operasional, khususnya pada lapangan dapat diandalkan penuh untuk berbagai jenis produk layanan, menjaga kerahasiaan dan keamanan sampai tujuan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan merupakan layanan atau service yang diberikan tim operasional kepada para costumer. Adapun yang menjadi penunjang operasional dilapangan terdiri dari sepeda motor, mobil, mobil van tertutup, mobil box tertutup, truk colt diesel box dan bak serta fuso bak terbuka. Fasilitas ini deberikan dengan satu tujuan kepuasan dari para pelanggan.
Sedangkan tim administrasi sebagai penunjang operasional lapangan terdiri dari personil-personil berkualitas yang senantiasa menjamin dokuman dan paket konsumen terkontrol dan terlaporkan dengan baik. Selain itu, tim administrasi juga bertugas menjaga call center Sultan Halim Cargo. Mereka selalu siap membantu konsumen atau pelanggan untuk keperluan yang berhubungan dengan pick up, delivery jasa layanan pengiriman atau hasil dari delivery.
Seluruh tim armada dan administrasi mempunyai komitmen penuh untuk pelayanan pengiriman dokumen, paket dan lain-lain dengan tepat waktu, aman dan terjamin kerahasiaan data dan isi pengiriman. Sultan Halim Cargo menyediakan jasa pengiriman dengan range waktu pengiriman mulai 1 hari hingga maksimum 4 hari kerja untuk via udara. Setelah barang sampai dan siap untuk diambil oleh pemilik, armada dari Sultan Halim Cargo siap melaksanakan pelaporan hasil pengiriman secepatnya.

II. Proses Foundraising ( pengumpulan Dana ) P.T SHC
P.T Sultan Halim Cargo merupakan sebuah perusahaan bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Seperti perusahaan dalam bidang jasa lainnya, P.T Sultan Halim Cargo juga pada awalnya memiliki sebuah strategi dalam mengelola keuangannya. Maklum, untuk perusahaan dalam bidang jasa, biasanya kesepakatan pembayaran terjadi diakhir bulan saat transaksi itu terjadi atau minimal setelah barang yang dikirim sampai kepada tujuannya. Oleh karena itu, perusahaan dalam bidang jasa ( pengiriman barang ) biasanya memilik modal awal yang nantinya digunakan untuk membiayai segala transaksi untuk pengiriman barang tersebut.
Dari modal awal yang dimiliki, SHC mulai memutar modal yang ada dengan melakukan transaksi-transaksi yang tentunya dapat menambah jumlah modal yang ada tersebut. Alhamdulillah sejak waktu berdiri hingga saat ini, keuangan yang ada mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan itu jika di hitung mencapai puluhan kali lipat dari modal awal yang pertama kali dimiliki untuk menjadi dana awal transaksi. Hal ini tntu saja setelah melewati beberapa rintangan yang dihadapi. Karena dalam perjalanan kesuksesannya, banyak sekali hambatan dan rintangan yang timbul menghadapi laju kesuksesan yang ada.
Untuk masalah penghimpunan dana, P.T SHC tidak banyak mengandalkan dana yang bersumber dari ekstern perusahaan. Hal ini sangat dihindari karena dinilai akan menjadi beban pada suatu saat nanti. Oleh karena itu, dalam perjalanan P.T SHC berdiri dana yang digunakan adalah dana yang dikumpulkan oleh para personil-personil yang memiliki dana lebih untuk menaruh saham di perusahaan ini. Mereka menaruh sebagian keuangan yang mereka miliki dengan kesepakatan akan ada bagi hasil dari setiap keuntungan yang didapatkan dalam setiap transaksi.

Analisis SWOT Finansial P.T SHC

1. Kelebihan/Kekuatan ( strength )
Kelebihan yang ada pada P.T SHC tidak jauh berbeda dengan perusahaan yang lainnya. Kelebihan atau kekuatan yang ada tersebut salah satunya adalah penempatan karyawan atau personil yang tepat pada tempatnya. Kekuatan ini yang paling berpengaruh terhadap perkembangan yang dialami oleh P.T SHC. Perusahaan yang hanya dijalankan oleh beberapa orang ini, dalam waktu yang relatif singkat untuk ukuran perusahaan, sudah dapat menghasilkan laba/keuntungan yang berpuluh-puluh kali lipat dari modal awal. Ini semua disebabkan oleh pemahaman yang sangat tinggi dari para personil dengan personil lainnya. Selain itu penempatan yang sesuai ini menyebabkan banyak sekali bantuan kekuatan yang terjadi. Salah satunya adalah pengalaman yang sudah banyak dimiliki oleh para personil/karyawan.
Selain itu, pembagian tim yang baik juga membuat kekuatan baru bagi P.T SHC. Ini menjadi sangat efektif karena dengan pembagian tersebut, seluruh kinerja menjadi terarah dan juga tidak ada penumpukan tugas yang terlalu banyak.. ini menjadi sangat penting karena biasanya, penumpukan tugas sangat berdampak negatif kepada perusahaan. Akibat yang paling fatal darinya adalah kejenuhan terhadap setiap kerjaan yang memang seharusnya menjadi pekerjaannya. Kejenuhan sudah akan terjadi terhadap orang yang bekerja. Namun bila seseorang yang sedang jenuh kemudian ditimpa lagi dengan pekerjaan berat, biasanya akan berdampak kepada keletihan yang pangkalnya adalah mundur diri dari seorang pekerja. Inilah sepertinya yang sangat disadari oleh P.T SHC untuk menutup rapat-rapat celah kecil tersebut.
Kekuatan yang lainnya adalah sebuah strategi dalam mengatur Finansial mereka. Inilah yang menyebabkan pula perkembangan laba yang sangat signifikan dialami oleh P.T SHC. Sebenarnya strategi yang digunakan sangat sederhana, yaitu hanya dengan memutar dana yang sudah ada kepada setiap transaksi yang membutuhkan dana. Namun yang menjadikan strategi ini sangat efektif adalah dalam pengawasan pengeluaran keuangan. Semua tertata denga rapih sehingga kemungkinan untuk terjadi kebocoran dalam pengeluaran sangat kecil terjadi.

2. Kekurangan/Kelemahan (weekness )
Walaupun P.T SHC sudah mengalami banyak kemajuan, tetapi pasti masih memiliki kekurangan yang terdapat disana-sini walaupun hanya sedikit. Namun bila tidak ditindaklanjuti, kelemahan-kelemahan ini akan menjadi semakijn besar dan bisa dipastikan menjadi bumerang untuk perusahaan. Oleh karena itu P.T SHC sudah seharusnya memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut agardapat dinetralisir dari sekarang.
Kelemahan yang masih terdapat pada P.T SHC ini adalah kurangnya personil yang terdapat pada tim operasional. Ini memang bukan menjadi kendala selama personil yang ada mampu menghasilkan kinerja yang maksimal. Namun untuk kedepannya, hal ini harus segera diatasi agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Bisa saja ada dari mereka yang mengalami sakit, kemudian tidak ada penggantinya. Maka bisa dipastikan kegiatan perusahaan akan terhenti disini. Oleh karena itu, dalam waktu dekat, P.T SHC harus segera membuka lowongan pekerjaan yang nantinya akan menjadi karyawan yang membantu kinerja dari personil lainnya, khususnya yang ada pada tim operasional.

3. Peluang ( opportunity )
Peluang yang ada pada P.T SHC sangatlah besar untuk mengalami perkembangan yang jauh lebih baik lagi dari saat ini. Salah satunya adalah banyaknya perusahaan-perusahaan yang ingin mengirimkan barang-barang hasil produksinya ke berbagai daerah. Apalagi saat ini sudah mulai ramai perusahaan-perusahaan yang muncul untuk meramaikan persaingan di pasaran. Ini merupakan peluang yang sangat besar yang seharusnya dimanfaatkan oleh perusahaan ini. Apalagi dengan harga yang cukup banting harga, P.T SHC seharusnya dapat dengan mudah untuk menggandeng perusahaan-perusahaan tersebut di atas menjadi costumer-costumer rutin perusahaan ini.
Selain itu, masih banyak peluang yang akan terlahir apabila kinerja dari para personil kembali di efektifkan kembali. Banyak perusahaan yang sebenarnya belum tersentuh oleh perusahaan yang menawarkan jasa, khususnya jasa pengiriman. Padahal hampir semua perusahaan besar memiliki pengiriman yang mereka tujukan untuk daerah-daerah. Selain itu keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini juga cukup besar, jadi bisa membuat kesejahteraan yang ada pada para karyawan menjadi meningkat.

4. Tantangan ( treath )
Tantangan yang akan dihadapi oleh P.T SHC adalah saingan-saingan yang akan mulai berdatangan. Mereka akan memakan lahan yang semestinya menjadi milik P.T SHC. Ini semua akan dihadapi dalam setiap harinya. Namun satu poin yang harus di perhatikan, ada beberapa tipe dari perusahaan-perusahaan yang akan menjadi calon costumer. Yang pertama, perusahaan yang megnutamakan harga yang diberikan oleh masing-masing P.T. tentunya dalam hal ini, perusahaan yang menawarkan harga paling murahlah yang akan dipilih oleh calon partnernya tersebut. Kedua adalah tipe perusahaan yang lebih mengutamakan safety yang diberikan oleh perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasanya.
Kedua tipe merupakan syarat-syarat dari sebuah perusahaan yang harus dimiliki untuk menjawab seluruh tantangan yang datang menghadang. Oleh karena itu, mulai dari saat ini sudah seharusnya dipersiapkan keperluan-keperluan yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan tersebut. Seluruh kekuatan harus mampu ditingkatkan dan kelemahan yang ada secepatnya untuk dicari solusinya. Bila dalam waktu dekat ini dapat segera dibenahi, bukan tidak mungkin P.T SHC akan menjadi sebuah perusahaan ekspedisi yang memberikan manfaat kepada masyarakat luas pada umumnya dan karyawan pada khususnya. (A.h)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: