RSS Feed

Tips Dan Trick Cara Menghemat Pemakaian Internet

Posted on

internethematada banyak cara untuk menyiasati pemakaian Internet sehingga ujung2nya biaya yang kita keluarkan untuk browsing, chating, email, dan aktivitas internet lainnya jadi lebih murah atau sisa kuota perbulan pun bisa di hemat.

Tulisan ini akan di  bagi kedalam dua bagian, tulisan pertama ini akan membahas Tips & Trick nya saja, lebih ke cara dan ‘perilaku’ kita dalam ber-internet -P sedangkan bagian kedua nanti akan  bahas -tutorial- bagaimana menggunakan tools khusus untuk menekan penggunaan bandwith, sehingga pemakaian kuota bandwith kita bisa ‘diperketat’ lagi -)

  1. Menonaktifkan tampilan gambar (image), flash animation, pop-up, active-x, dll pada browser kita, yang dapat menyebabkan waktu loading sebuah situs menjadi lambat. ** tapi kadang2 ga enak juga ya kalo ga ada gambarnya??!! hehehe.. kalaudi  saranin, untuk situs yg pertama kali kita kunjungi, gpp lah ditampilin gambarnya.. tapi kalau udah kunjungan yang ke-2 dst, mendingan dimatiin aja..**
  2. Jangan membuka sebuah halaman situs terlalu lama. Sebaiknya kita menyimpan halaman tersebut agar dapat dibaca secara offline nantinya.
  3. Kalau kuota Bandwith kamu kecil, jangan melakukan aktifitas yang jelas-jelas banyak memakan bandwidth seperti mendownload software2 berukuran besar, melakukan update, lihat video dan audio streaming dan sebagainya. Aktifitas ini sebaiknya dilakukan pada koneksi berbasis time-based saja.
  4. Gunakan antivirus yang handal dan selalu scan komputer kita sehingga bebas virus, worm, trojan atau spyware karena mereka sering melakukan transfer data tanpa kita sadari. ** antivirus yang gratis dan terbaik menurut-nya akan kita bahas di postingan yang lain ya… -) **
  5. NonAktifkan automatic update yag bekerja pada komputer (biasanya ‘mereka’ bekerja secara ‘undergound’ loh! -jadi kita ga sadar sama sekali-) seperti windows update, antivirus update dan lainnya. Sebaiknya update diatur pada waktu tertentu saja atau dilakukan secara manual.
  6. Berlangganan RSS situs favorit via feed atau email. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengetahui update dari situs tersebut tanpa harus mengunjunginya (nantinya RSS feeder yang akan mengirimkan headline nya ke email kita). **
  7. Memakai alamat email yang berfasilitas POP3 sehingga kita dapat mengirim dan menerima email cukup dari email client saja seperti Outlook atau Thunderbird, tanpa harus berkunjung ke web.

Silahkan dipraktekkan ya… semoga bermanfaat! D

Sumber: di’kompilasi’ dari berbagai sumber dari internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: