RSS Feed

Aktifitas di bumi sasak Lombok

Posted on

Aktifitas di bumi sasak Lombok

Lombok adalah sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari wilayah propensi Nusa Tenggara Barat, pulau Lombok sendiri juga dikenal sebagai pulau seribu masjid karena bukan hanya keelokan pantai dan pariwisatanya akan tetapi juga memeilki Masyarakat yang penganut agama islam paling banyak juga walupun sebagian penduduknya beragama hindu atau hindu budha, Haubung masayarakat Lombok dengan leluhurnya, apalagi yang memiliki kharomah, dan berjasa terhadap perkembanagn islam, seperti para Tuan guru-tuan guru( kiai-kiai) itilah Lombok tuan guru adalah sosokm orang yang dinobatkan sebagai alim ulama.begitu kuat implementasi tersebut tamapak dari kunjungn mereka ke makam keramat, atau tempat berdiri terkahir tokoh panutan yang diberi karomah.
Tidak kurang ribuan warga masih memiliki keterikatan emosional dan spiritual seperti, sehingga kadangkala berbagai upaya dilakukan untuk menjalankan niat den keinginannya pada makam keramat. Bagaiamanapun sejarah islam di Lombok sehingga makam keramat menjadi sesuatu yang begitu mengikat masyarakat sasak atau Lombok.
Lombok bank memeiliki makam yang dikeramtkan yang tersebar di seluruh pelosok pulau Lombok baik itu Lombok barat, timur,tengah tersemasuk juga kota matarm yang mana matam merupakan ibukota propesnsi Nusa Tenggara Barat sendiri. Makam ini masih sering dikunjungi masyarakat denagn berbagai tujuan, terutama pada hari hari tertntu pula .
Kalau disadari bahwa masyarakt islam sasak sendiri yang ada ada Lombok , maka keislamannya masih didahului adanya kepercayaan yang lain sebagaimana yang ada berbagai dareh di Indonesia. Pertama merka ada keprcayaan siw-Budha.

Memang sich masih ada kaitanny degan silaturhami keluarga, akan tetapi yang sering terjadi ada yang tidak memahami seolah-olah roh dianggap bias berkomunikasi secara fisik.jadi oleh masyarakat sasak Lombok sendiri masih mempercayai adanya roh leluhur. Makanya keyakinan masih ad roh leluhur yang masih dapat diajak berkomunikasi kauat sekali, misalnya saja hamper masyarakt yanga da di sasak Lombok hampir wajib bagi orng-orang yang mau naik haji mereka pergi dulu ke makam tokoh agama yang kharomah, menurut masyarakat yang sudah mendahului dengan berbondong bondong bersama keluarganya.
Dan itulah yang dilakukan tidak hanya oleh orang yang baru belajar agama sekedarny. Cumin mereka sekarng sudah mengalihkannya sedikit demi sedikit, bahwa mereka hanya memohon kepada tuhan supaya menyambung tali silaturahmi untuk menapatkan spirit agar hajat dan niatnya bias sampai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: