RSS Feed

Tips Hidup dalam Kebiasaan yang Sehat

Posted on

amith_sehat
Anda merasa lelah, lesu, dan tubuh terasa tidak sehat dan bugar ? dengan melakukan kebiasaan hidup yang sehat ini akan membuat Anda merasa hidup lebih segar, lebih menyenangkan, dan lebih bersemangat.

Makanan :
* Makanan produk pertanian berwarna hijau. Dapatkan paling sedikit tiga porsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan pea. Sayuran ini kaya lutein yang berkhasiat penglihatan dan mencegah penyakit mata yang disebut macular degeneration.
* Selalu sarapan pagi, Riset menunjukkan, sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dan mencegah energi merosot di pertengahan pagi. Cobalah makan bubur yang rendah kolesterol dan mempertahankan kadar energi.
* Minum susu setiap hari. Pilih susu skim atau semi skim ataupun yogurt yang rendah lemak secara teratur. Susu atau produk susu rendah lemak mempunyai kandungan kalsium sebanyak susu full-fat, tapi tanpa kalori ekstra.
* Makan buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti paprika merah, cabai merah, bayam, wortel, plum, tomat, yang kaya dengan antioksidan pembasmi kanker.
* Makan blueberry sebagai camilan karena mengandung senyawa alamiah yang berkhasiat sebagai anti-kanker yang ampuh dan anti-penuaan. Bahkan dapat memperbaiki kehilangan ingatan jangka pendek.

Aktivitas Fisik :
* Aktif selama 30 menit setiap hari. Akan lebih baik jika Anda mendorong diri Anda sampai pada batasnya di gym sekali atau dua kali seminggu. Lakukan apa saja. Mulai dari menaiki tangga, jalan kaki ke pasar atau toko, dan lakukan pekerjaan rumah tangga.
* Bangun otot Anda. Otot membantu membakar lemak tubuh, bahkan di saat sedang istirahat. Kita kehilangan sekitar dua ons otot sesudah usia 30. Untuk membangun otot, cobalah lakukan olahraga seperti berenang, bersepeda, atau berkebun.
* Ajak anak-anak Anda untuk berolahraga. Anda akan memberi mereka masa depan yang lebih sehat sekaligus mendatangkan manfaat untuk diri sendiri. Ajak mereka jalan-jalan sesudah pulang sekolah, atau bernmain di taman di akhir pekan.
* Pasangan suami istri dianjurkan melakukan hubungan intim paling sedikit dua kali seminggu. Hubungan intim melepaskan hormon yang menimbulkan rasa senang, membakar 200 kalori dalam satu jam, meningkatkan selfesteem, dan membantu tidur pulas.

Tenang & Berpikir Positif :
* Jalan-jalan. Jalan kaki merupakan salah satu cara yang terbaik untuk membuat otak melepaskan zat kimia bahagia. Riset Amerika menemukan, orang-orang dengan depresi berat merasa lebih baik sesudah berjalan cepat dua kali sehari sama seperti kelompok yang meminum obat.
* Terus belajar. Sama seperti kita menjaga tubuh kita tetap muda dengan olahraga, kita juga bisa memperlambat proses penuaan otak dengan menggunakannya. Lebih banyak membaca, atau tekuni hobi baru seperti yoga atau berkebun.
* Bersikap fleksibel. Pikiran kaku hanya menyebabkan stres jika ternyata Anda tak bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Dan kemungkinan Anda akan kehilangan opsi atau peluang lainnya.
* Rapikan rumah dan singkirkan tumpukan barang yang sudah tidak digunakan lagi. Mulai dari baju sampai mainan anak-anak.

Tidur Malam Yang Baik :
* Pertahankan keteraturan. Tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mendapatkan jam tubuh yang teratur. Waktu terbaik untuk tidur adalah sekitar pukul 22.30 karena kualitas tidur terbaik datang sebelum tengah malam.
* Jangan nonton tv atau makan di tempat tidur. Kaitkan kamar tidur dengan tidur dan relaksasi. ketimbang sebagai tempat melakukan aktivitas harian. Dan hal ini akan membuat Anda lebih mudah tertidur.
* Keluar dari rumah. Paparkan diri Anda dengan cahaya metahari untuk membantu menetapkan pola bangun dan meningkatkan tidur yang nyenyak di malam hari.
* Tidur dengan lampu dimatikan atau kamar tidur gelap. Gunakan tirai jendela tebal. Sinar matahari menekan melatonin, hormon otak yang membuat ngantuk.
* Jangan minum alkohol sebelum tidur, karena akan membuat tidur Anda terganggu. Kafein membuat Anda tak bisa tidur, alkohol mengganggu tidur pulas dan kadar gula darah yang naik turun membuat Anda tak bisa tidur. Minum segelas susu atau makan sebuah pisang sesaat sebelum tidur, akan membantu Anda lebih cepat tidur.
* Atur suhu yang tepat. Suhu terlalu panas atau terlalu dingin membuat Anda terjaga terus. Dapatkan suhu sekitar 16 derajat Celsius atau sesuai kebiasaan Anda.

Rawat Tubuh Anda :
* Jaga berat badan Anda. Kelebihan berat badan 20% dapat meningkatkan risiko kanker sampai 50%.
* Tertawa setiap hari. Tertawa menurunkan hormon stres dan mencegah penyakit jantung.
* Cari teman baru atau luangkan waktu bersama keluarga. Rasa kesepian dapat menurunkan sistem imun. Tidak mengungkapkan emosi dan kurang antusias dalam hidup juga membuat kita rentan jatuh sakit.
* Jaga gaya masak Anda. Hindari barbecuing, panggang dengan arang dan menggoreng makanan sebisa mungkin untuk mengurangi pajanan karsinogen pencetus kanker.
* Kurangi garam. terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Kurangi konsumsi makanan olahan dan jangan tambahkan garam selama masak atau ketika di meja makan.
* Jangan merokok. jika Anda tak punya kemauan yang cukup kuat untuk menghentikannya, coba produk-produk anti merokok. Selain kanker paru-paru, mulut, dan kanker lainnya, merokok juga dikaitkan dengan meningkatnya risiko kematian dari kanker kolon. Para periset mengatakan, 12% kematian kanker kolon disebabkan merokok. Makin lama seseorang merokok dan makin banyak jumlah rokok yang dihisap dalam sehari, maka makin besar pula risiko kematiannya.

SuMber:http://buletin.melsa.net.id/links/42sehat.html

One response »

  1. info yg bermanfaat, salam hidup sehat. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: