RSS Feed

Pengertian Komunikasi

Posted on

Komunikasi merupakan sebuah fenomena yang unik yang melingkupi kehidupan manusia. Keunikannya bukan hanya pada fenomena komunikasinya itu sendiri yang tampak sederhana tapi memiliki kompleksitas yang luar biasa, namun juga pada dimensi-dimensinya yang meliputinya yakni mencakup semua aspek kehidupan manusia baik psikologis, sosial, kultural, politik, ekonomi dan teknologi sehingga banyak pengertian yang dibuat mengenai komunikasi, tergantung dari perspektif yang digunakan dalam membangun pengertiannya itu.

Definisi Komunikasi
definisi secara bahasa adalah merupakan sebuah tindakan menetapkan, membuat penetapan, membuat berbeda, atau membuat suatu menjadi jelas.

Komunikasi Sebagai Ilmu
Komunikasi sebagai sebuah disiplin ilmu dapat dikatakan masih relatif muda di banding dengan ilmu-ilmu lain seperti sejarah, sosiologi, ataupun ilmu-ilmu sosial lainnya. Kenyataan ini dapat ditelurusi dari apa yang dikemukakan oleh Litllejohn (1989) yang menyatakan “communication is still a young dicipline,…”. Mudanya komunikasi sebagai suatu disiplin ilmu dikarenakan kajian-kajian komunikasi secara ilmiah baru dimulai pada akhir dekade 1930 an, dan muncul sebagai disiplin akademik baru pada akhir dekade 1940 an dengan terbentuknya Institut Penelitian Komunikasi (Institute of Communication Research) (Hardt, 1992).
Objek Kajian Ilmu Komunikasi
Dengan berkembangnya cakupan kajian komunikasi, maka objek kajian komunikasi tidak lagi hanya terbatas pada masalah pers atau suratkabar yang dikenal dengan ilmu pers atau jurnalistik, atau yang menyangkut dengan media komunikasi massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi dan film, atau pernyataan umum (publisistik). Akan tetapi mencakup pada seluruh pernyataan antar manusia baik pernyataan langsung antar pribadi ataupun dengan menggunakan media. Dengan menggunakan model komunikasi yang diformulasikan oleh Harold D. Laswel, maka objek kajian komunikasi mencangkup :
Kajian tentang penyampai pesan (sender)
Kajian tentang isi pesan (message)
Kajian tentang penerima pesan (receiver)
Kajian tentang media penyampai pesan (media communication)
Kajian tentang pengaruh yang ditimbulkan oleh pesan (effect of communication)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: