RSS Feed

DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Posted on

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Era globalisasi yang ditandai dengan maraknya perkembangan teknologi informasi, mudahnya berkomunikasi, dan mengakses berbagai informasi secara mudah memberi peluang kepada manusia untuk mengetahui segala informasi yang berkembang. Oleh karena itu, kecanggihan informasi dapat berdampak positif bagi para pelakunya, juga dapat berdampak negatif ketika manusia tidak mampu menggunakan dan memanfaatkan semua informasi tersebut secara baik dan benar sesuai kebutuhan.
Mengingat banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi, kita diharapkan dapat menggunakan teknologi dangan baik dan benar. Dewasa ini teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak orang dengan mudah memanfaatkan perkembangan teknologi ini. Akan tetapi, banyak juga orang yang menggunakan teknologi informasi tanpa mengetahui apa sebenarnya dasar dari teknologi informasi itu.
B. RUMUSAN MASALAH
Tidak semua orang yang menggunakan teknologi informasi mengetahui apa sebenarnya dasar dari teknologi informasi itu. Untuk dapat menggunakan teknologi dengan baik, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu dasar dari teknologi informasi. Dengan memahami dasar tersebut dapat memudahkan kita mempelajari teknologi informasi. Untuk memahami lebih jauh, berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai dasar teknologi informasi.
BAB II
ISI
A. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi (information technology) biasa disebut TI, IT atau infotech. Berbagai definisi tentang teknologi informasi yang berbeda-beda bermunculan sejak munculnya ilmu ini. Definisi teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekadar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi.
Penjelasan dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut.
1. Teknologi Komputer
Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk alat-alat yang berhubungan dengan komputer. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program dan digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
2. Teknologi Komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, televisi, dsb.
Perlu diketahui bahwa komputer tidak harus berupa seperti PC atau laptop yang sering kita lihat, tetapi bisa berupa peralatan lain seperti ponsel, televisi, remote control, dan peralatan-peralatan lain yang bergantung pada komputer dalam bentuk cip (chip) yang disebut mikroprosesor. Mengingat hal itu, banyak yang berpendapat bahwa istilah komputer kurang tepat. Komputer tidak sekadar melakukan komputasi. Jadi, ada yang beranggapan bahwa komputer lebih tepat dipanggil ‘mesin serbaguna’.
Dari pembicaraan di atas tersirat bahwa teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi. Namun, teknologi informasi juga dapat berupa perangkat seperti ponsel maupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi. Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.
B. KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Agar teknologi informasi dapat berjalan, maka harus terdapat sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Sistem tersebut pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik, tetapi juga mencakup hal yang tidak terlihat secara fisik, dan yang lebih penting lagi adalah manusia sebagai pengguna. Secara umum komponen utama sistem teknologi informasi berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brainware).
1. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah peralatan dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat atau dijamah. Komponen utama perangkat keras sistem komputer adalah sebagai berikut.
a. Unit Masukan
Unit masukan (input device) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam sistem komputer. Unit masukan terdiri atas alat masukan langsung dan alat masukan tidak langsung. Contoh unit masukan seperti: keyboard, mouse, scanner, touch screen, light pen dan sebagainya.
b. Unit Keluaran
Unit keluaranan (output device) adalah teknologi atau perangkat yang berfungsi untuk menampilkan atau mencetak keluaran sebagai hasil pengolahan data. Alat keluaran contohnya: printer, monitor, speaker, dan sebagainya.
c. Unit Pusat Pengolah / Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan otak sitem komputer. CPU merupakan tempat untuk mengolah instruksi program yang pada ukuran mikro disebut sebagai micro processor. Micro processor berbentuk sebuah chip yang tesusun mulai dari ribuan hingga jutaan Integrated Circuit / IC.
d. Media Penyimpan
Media penyimpan atau biasa disebut dengan memori (memory) adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data, informasi dan program pengolah. Memori dibedakan menjadi dua yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah sementara waktu dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Sedangkan memori ekstenal merupakan memori yang terpisah dengan bagian unit pusat pengolah. Memori eksternal contohnya: flash disk, hard disk portable, CD, dan sebagainya.
2. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak komputer merupakan serangkaian instruksi dengan aturan tertentu yang mengatur operasi perangkat keras. Perangkat lunak terdiri dari tiga kelompok, yakni sebagai berikut.
a. Sistem Operasi
Sistem operasi atau yang sering kita dengar sebagai Operating System (OS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi sistem operasi adalah mengalokasikan memori dan penjadwalan pekerjaan. Contoh OS adalah: DOS, Windows, Linux, dsb.
b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk pengembangan program aplikasi. Generasi bahasa pemrograman komputer dikenal dengan 4GL, yaitu:
1) Bahasa mesin
2) Bahasa rakitan
3) Bahasa pemrograman
4) Aplikasi
3. Manusia / Perangkat Cerdas (Brainware)
Manusia merupakan personal-personal yang terlibat dalam sistem komputer. Personal tersebut meliputi operator, programmer, system analyst, dan personal lainnya yang terlibat.
C. KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Pengklasifikasian tersebut misalnya: menurut fungsi sistem, menurut ukuran/kemampuan mengolah data, dan sebagainya.
1. Menurut Fungsi Sistem
Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi
a. Sistem teknologi yang melekat (embedded IT system)
b. Sistem teknologi yang khusus (dedicated IT system), dan
c. Sistem teknologi serbaguna (general purpose IT system).
2. Menurut Ukuran
Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi lebih cenderung didasarkan pada ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan memproses, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan. Berdasarkan klasifikasi tersebut, komputer dikelompokkan menjadi mikrokomputer, minikomputer, mainframe, dan superkomputer.
a. Superkomputer
Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Komputer ini biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket.
b. Mainframe
Mainframe merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
c. Minikomputer
Minikomputer seringkali disebut sistem Midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server.
d. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau komputer pribadi. Mikrokomputer sendiri dibedakan menjadi: desktop PC, tower PC, laptop, notebook, palmtop, dan PDA.
D. PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Dengan hal itu, banyak hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat.
1. TI dalam Dunia Perbankan
Teknologi informasi ikut mewaranai dunia perbankan dengan kehadiran sistem online. Pada perkembangan selanjutnya, sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin ATM yang memungkinkan nasabah mengambil uang tanpa harus tergantung oleh jam kerja bank.
Tidak puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanannya. Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, nasabah mulai dimanjakan dengan kemudahan melakukan ttransaksi lewat internet. Selain itu masih banyak lagi aplikasi lain dalam dunia perbankan yang memanfaatkan teknologi informasi.
2. TI dalam Dunia Pendidikan
Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pengajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi yang menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Teknologi internet ikut berperan dalam menciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Kuliah tidak lagi harus dilakukan dalam kelas. Kuliah dapat dilaksanakan dengan mengakses modul-modul kuliah dan pengiriman tugas dari jarak jauh. Para mahasiswa dengan leluasa dapat mengatur waktu untuk belajar, kapan saja dan dimana saja.
3. TI dalam Dunia Medis
TI juga diaplikasikan pada bidang kesehatan. Teknologi informasi diterapkan pada peralatan-peralatan medis misalnya pada CT scan (Computer Tomography). CT scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam dari seseorang tanpa dilakukan pembedahan, yakni dengan menggunakan teknologi sinar X.
4. TI untuk Perdagangan Elektronis
E-commerce merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan internet. Transaksi secara elektronis telah menjadi pilihan yang menarik bagi organisasi dan perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs Web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan fasilitas untuk melaksanakan transaksi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kecanggihan teknologi yang begitu hebat ternyata mempunyai dasar-dasar yang cukup simpel/sederhana. Akan tetapi, kesederhanaan itu tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Komponen-komponen tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dunia teknologi informasi.

DAFTAR PUSTAKA
Haag, Stephen. Information Technology, Tomorrow’s Advantages Today. McGraw; Hill. 1996.
Kadir, Abdul. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi. 2005.
Sutanta, Edhy. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2005.
http//:www.wikipedia.com, diakses pada 8 Januari 2009, pukul 19:45.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: