RSS Feed

PENGEMBANGAN MANAJEMEN INDUSTRI

Posted on

Oleh: Abdoel Hamid Alghamidi

Kegiatan merancang dan mengembangkan produk, baik yang berupa jasa maupun barang, tidak terlepas dari konsep pemasaran yang bertujuan memenuhi kebutuhan yang memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan bias terpenuhi dengan mengidentifikasikan prilaku konsumen terhadap suatu produk. Prilaku konsumen terhadap suatu produk dapat dideteksi dengan menarik kebutuhan pasar ( market pull) , menekan penetrasi pasar dengan teknologi baru ( teknologi push ) dan memodifikasi produk untuk ditawarkan kepada pasar.

Market Pull berarti bahwa produsen harus membuat hanya apa yang dapat dijual saja. Dalam hal ini produk baru ditentukan oleh keinginan dan kebutuhan konsumen (pasar) dengan sedikit penekanan pada ketersediaan teknologi dan proses operasi. Jenis-jenis produk baru yang dibutuhkan dapat ditentukan berdasarkan riset pasar atau umpan balik dari pelanggan.

Teknologi Push berarti bahwa produsen harus menjual apa yang dapat dibuat oleh mereka. Dalam hal ini produk baru ditentukan berdasarkan teknologi produksi dengan sedikit penekanan terhadap apakah produk tersebut layak dijual atau tidak. Penggunaan teknologi yang canggih melalui penelitian dan pengembangan akan menciptakan produk superior dengan keunggulan tersendiri, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli.

KONSEP DASAR PEMASARAN
Dalam persaingan sempurna , system industry mengembangkan berbagai strategi dasar dalam merancang produk dan memasarkannya. Dalam merancang strategi produksi dan pemasarannya perlu ditentukan dahulu target dari produk tersebut. Target dari produk merupakan segmen pasar ( konsumen ) yang ingin dipenuhi kebutuhannya. Kebutuhan dari konsumen tersebut tergantung dari kelas social, keluarga, pekerjaan, gaya hidup, usia, dan tahapan siklus, serta keadaan ekonomi. Semua hal tersebut adalah factor yang mempengaruhi prilaku pembeli.

1.1 STRATEGI PEMASARAN DAN DESAIGN PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI
Strategi pemasaran tidak dapat dipisahkan dengan pengembangan produk karena keduannya berhubungan sangat erat.

– Strategi produk dan pemasaran di Masa Krisis
Strategi dari suatu desaign produk dan pengembangan dengaruhi oleh kondisi ekonomi makro. Dalam kondisi ekonomi makro yang normal, dimana tingkat inflasi bergerak dengan normal, strategi design produk dan pengembangan nya akan mengikuti konsep siklus hidudalam kondisi inflasi yang tinggi, dimana pendapatannya dan daya beli konsumen menurun, pola dan prilaku konsumen akan berubah.

– Strategi Produk dan Pemasaran di Masa Normal
Strategi design produk dimasa normal mengikuti mkonsep siklus hidup produk. Penjualan potensial dan kemampuan produk untuk menghasilkan keuntungan akan selalu berubah sepanjang waktu.

Bila dikatakan bahwa produk mempunyai siklus hidup maka hal ini sama dengan menyatakan empat hal :
a) Setiap produk mempunyai batas umur
b) Penjualan produk melewati tahap-tahap yang jelas dan setiap tahap memberi tantangan yang berbeda kepada si penjual.
c) Keuntungan yang diperoleh dari penjualan akan meningkat dan menurun pada tahap yang berbeda dalam siklus hidup produknya ;
d) Produk menurut strategiyang berbeda dalam hal pemasaran, keuangan, produksi, personalia, maupun pembelian pada setiap tahap dalam daur hidup produknya.

TAHAP-TAHAP POKOK DALAM SIKLUS HIDUP PRODUK
Kebanyakan pembahasan mengenai Product Life Cycle ( PLC ) selalu menggambarkan riwayat penjualan dengan kurva yang berbentuk seperti ini :

1. PERKENALAN ( INTRODUCTION ) ; Pertumbuhan penjualan lambat karena produk baru saja diperkenalkan kepada konsumen sedangkan biaya sangat tinggi sehingga produk tidak menghasilkan keuntungan sama sekali.
2. PERTUMBUHAN ( GROWTH ) ; Pasar dengan cepat menerima produk yang baru sehingga penjualan melonjak dan menghasilkan keuntungan yang besar.
3. PENDEWASAAN ( MATURITY ) ; Periode dimana pertumbuhan penjualan mulai menurun karena produk sudah bias diterima oleh sebagian besar pembeli potensial. Jumlah keuntungan mantap, stabil, atau menurun karena meningkatnya biaya pemasaran untuk melawan para pesaing.
4. KEMUNDURAN ( DECLINE ) ; Dalam periode ini penjualan menurun dengan tajam diikuti dengan menyusutnya keuntungan.

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PENGEMBANGAN PRODUK

Dalam konteks persaingan antarprodusen, kita bias mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi timmbulnya kegiatan perancangan dan pengembangan produk. Factor tersebut adalah :
1. FAKTOR EKSTERNAL antara lain :
o Munculnya produk-produk sejenis dengan berbagai kelebihannya.
o Munculnya produk-produk baru yang dapat menggantikan produk lama ( produk substitusi )
o Pergeseran keinginan konsumen dan kebosanan terhadap produk-produk lama.
o Siklus hidup produk yang cendrung memendek pada masa modern ini.
2. FAKTOR INTERNAL antara lain :
o Memperbaiki kinerja produk
o Melakukan diversifikasi produk
o Mempertahankan segmen dan pangsa pasar baru
o Memanfaatkan SDM ( karyawan, tenaga ahli ) yang kemampuannya semakin bertambah karena proses pembelajaran yang telah dialaminya.
o Menjaga kelangsungan hidup ( keuntungan financial ) perusahaan.
PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK

Ada 2 ( dua ) pendekatan dalam pengembangan produk yaitu, pendekatan Sequential dan pendekatan Conccurent. Pendekatan Sequential atau biasa disebut secara tradisional pada umumnya dimulai dari tahap pengidentifikasiankebutuhan pasar yang kemudian akan diikuti dengan tahapan disaign yang meliputi aktivitas pengidentifikasian spesifikasi produk bedasarkan kebutuhan kostumer yang dinyatakan pada tahap sebelumnya, perancangan, konsep produk dan perancangan secara detail. Sesudah itu tahapaan akan dilanjutkan dengan tahapan untuk mewujudkan rancangan produk yang telah dibuatdalam bentuk prototype untuk mengevaluasi apaakah rancangan sudah bekerja atau menunjukan performance yang sesuai dengan keinginan kostumer. Setelah itu rancangan itu dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Pendekatan Concurrent dalam pengembangan produk berusaha merancang suatu produk dan melakukan proses manufacturing secara bersamaan dengan harapan dapat mengantisipasi pesatnya persaingan dan semakin pendeknya siklus hidup produk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: